Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Perpustakaan UIN Bandung Lakukan Kunjungan Studi ke UIN Yogyakarta

Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan kunjungan studi pada hari Jum’at 01 Desember 2023 ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi antar perpustakaan perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama dan Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) serta dalam rangka upaya meningkatkan kualitas manajemen dan layanan perpustakaan. Rombongan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terdiri dari pustakawan dan tenaga kependidikan dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CIPP dan Sekretaris Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bapak Dedi Suyandi, S.Ag., M.E.

  

Kunjungan ini disambut dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ibu Labibah Zain, M.LIS didampingi oleh para pustakawannya. Dalam sambutannya Ibu Labibah Zain, M.LIS menyampaikan keunggulan keunggulan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seperti Difable Corner, Living Collection dan Ruang Studi Carrel. Adanya difable corner ini merupakan upaya untuk meningkatkan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial dimana di UIN Sunan Kalijaga ini memiliki kurang lebih 114 mahasiswa difable dengan beragam disabilitas, ruangan khusus yang telah disediakan memuat berbagai macam koleksi audio visual khusus difable, koleksi braille dan komputer disertai scanner yang mampu membaca tulisan dalam format digital. Selain mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga memiliki dosen yang disabilitas sehingga sudah wajib hukumnya bagi kami menyediakan layanan difable corner ini dan ini menjadi salah satu keunikan khas kami. Disamping difable corner perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga memiliki living collection yaitu  layanan yang menyediakan koleksi live berupa person yang dapat memberikan informasi yang komprehensif berkaitan dengan subyek atau isu-isu tertentu dan dapat diakses dengan berdialog secara langsung dengan tokoh-tokoh Living. Sementara ruang studi karel adalah ruangan khusus yang dilengkapi dengan rak buku, meja dan kursi baca, lampu belajar dan akses internet yang diperuntukkan bagi staf pengajar dan karyawan UIN Sunan Kalijaga yang sedang menyusun dan menyelesaikan riset/proyek tertentu, tesis maupun desertasi. Kegiatanpun dilanjutkan dengan melakukan tour di gedung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai dari ruang lobby, loker, kantin, aula, ruang pengolahan koleksi, ruang informasi, ruang referensi, ruang studi carrel, corner-corner sampai ke ruangan ruangan koleksi di perpustakaan.

 

Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CIPP menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat luar biasa atas penyambutan dan penjamuan kegiatan kunjungan studi ini, sebagai kepala perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dirasakan banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Salah satu yang menjadikan ketertarikan dalam pengelolaan atau manajemen perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini adalah adanya program mahasiswa Part Time dimana program ini sangat terlihat manfaatnya dalam pengelolaan dan layanan perpustakaan dalam upaya mengatasi jumlah sumber daya manusia atau ketenagaan di perpustakaan yang sangat terbatas. Dalam kunjungan ini dilakukan juga kegiatan penandatanganan naskah kerjasama antar kedua perpustakaan sebagai bagian dari kerjasama antar instansi formal. Kerjasama ini diharapkan akan terus berlanjut dan ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan kegiatan pengembangan layanan dan kompetensi para pustakawan, terutama dalam hal meningkatkan kualitas layanan sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh civitas akademika di lingkungan perguruan tinggi masing masing dan bahkan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, lingkup nasional, sampai internasional, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable