Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Resmi Dilantik oleh Wakil Rektor 1, Library Agent Ikuti Kegiatan Pelatihan Digital Skill

Jumat, 17 Mei 2024 – Bertempat di Aula Lantai 1, Pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar acara pelantikan Library Agent Angkatan Pertama (2024), sekaligus kegiatan literasi informasi/pelatihan digital skill pemanfaatan database e-journal internasional E-Marefa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Library Agent terpilih dan para tamu undangan yang merupakan pengelola perpustakaan unit/fakultas. Acara ini merupakan langkah awal sekaligus pembekalan kepada Library Agent dalam upaya perpustakaan meningkatkan kompetensi dan literasi digital di kalangan mahasiswa. Para Agent yang merupakan mahasiwa pilihan dari berbagai fakultas setelah mendapatkan pelatihan ini nantinya diharapkan mampu untuk menjadi penggiat literasi di fakultas/unit masing-masing.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik yakni Dr. Dadan Rusmana, M.Ag. sebagai perwakilan dari pimpinan universitas, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.,CIPP., Sekretaris Pusat Perpustakaan Bapak Dedi Suyandi, S.Ag., M.E., beserta para Koordinator Bidang di Pusat Perpustakaan dan para staff/pustakawan.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP menyampaikan kebahagiaan dan harapannya agar para Library Agent dapat menjadi insan pembawa perubahan yang berdampak positif. “Mahasiswa berperan penting di UIN, maka kita akan bergandengan tangan bersama memajukan UIN khususnya di bagian kepustakaan. Saya berbahagia bisa bekerjasama dengan Library Agent, semoga kedepannya dapat bersama-sama mengembangkan perpustakaan dan diri secara pribadi. Semoga dengan hal ini semakin hari perpustakaan UIN bisa menjadi rahmatan lil ‘alamin untuk masyarakat luas dan mendapat kebermanfaatan dari eksistensi perpustakaan UIN Bandung.” Ujar Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.,CIPP.

Dr. Dadan Rusmana, M.Ag, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik pun menyampaikan dukungannya terhadap program yang digagas Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini. “Terkait program Library Agent, saya juga menyambut dengan baik, karena merupakan sebuah prestasi serta penyemangat yang patut diapresiasi oleh lembaga. Ini merupakan komitmen untuk meningkatkan fungsi perpustakaan, bukan hanya tempat untuk membaca, namun juga sebagai sarana mahasiswa untuk turut mengelola perpustakaan. Saya ucapkan selamat kepada Library Agent karena merupakan bagian dari umat yg terpilih untuk meningkatkan kesadaran kepedulian dan kualitas generasi muda terhadap literasi.”

Dengan dibacakannya Surat Keputusan Kepala Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Nomor B-045/Un05/V.5/KP.07.6/05/2024 tentang Pengangkatan Library Agent Tahun 2024 oleh Sekretaris Pusat Perpustakaan, Bapak Dedi Suyandi, S.E., M.Ag. maka 20 orang yang terpilih sebagai Library Agent Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara resmi dilantik dan siap berkomitmen membantu mengembangkan perpustakaan lebih baik lagi.

 

 Berikut nama-nama Library Agent Tahun 2024 yang terpilih dan resmi dilantik untuk masa pengabdian selama 1 tahun kedepan:

 

No

Nama Peserta

Fakultas

Prodi / Jurusan

1

Musfiroh Rachmawati

Ushuluddin

Tasawuf dan Psikoterapi

2

Imas Meilani

Tarbiyah dan Keguruan

Pendidikan Matematika

3

Naswa Safinah

Tarbiyah dan Keguruan

Pendidikan Biologi

4

Taubah An Nashuha

Dakwah dan Komunikasi

Pengembangan Masyarakat Islam

5

Rifa'atul Azkiya Nur Hidayat

Adab dan Humaniora

Sejarah Peradaban Islam

6

Hafshah Santia Putri Raya

Adab dan Humaniora

Sastra Inggris

7

Sofhie Herista Charliana

Ekonomi Bisnis Islam

Manajemen

8

Muhamad Akhmal Fryandi Kusmawan

Ushuluddin

Ilmu Hadits

9

Sopi Dwi Sanubari

Tarbiyah dan Keguruan

Pendidikan Agama Islam

10

Winda Lupiandari

Tarbiyah dan Keguruan

Pendidikan Matematika

11

Bella Siti Nafisah

Adab dan Humaniora

Sastra Inggris

12

Ralintya Hasna Rafifah

Psikologi

Psikologi

13

Siti Aisyah

Psikologi

Psikologi

14

Rida Samiah Nur Afifah

Psikologi

Psikologi

15

Akhmad Ridlo Rifa'i

Sains dan Teknologi

Teknik Informatika

16

Febryo Fibonacci Amadeo

Sains dan Teknologi

Teknik Informatika

17

Nita Febriana Putri

Ilmu Sosial Ilmu Politik

Administrasi Publik

18

Oktavia Laila Nurjaya

Ilmu Sosial Ilmu Politik

Sosiologi

19

Cici Meilani

Ekonomi Bisnis Islam

Ekonomi Syariah

20

Angga Ramdani

Dakwah dan Komunikasi

Ilmu Komunikasi - Hubungan Masyarakat

Setelah pelantikan Library Agent para anggota dan tamu undangan para pengelola perpustakaan fakultas diberi pelatihan Digital skill (keterampilan digital) yaitu pemanfaatan database e-resources E-Marefa oleh Bapak Okkie S Budiman dari PT. Trisindo selaku distributor dari database E-Marefa. Pada era digital dibutuhkan Digital Skill dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menunjang kebutuhan akademik. Dalam pelatihan diajarkan bagaimana cara menemukan sumber informasi database E-Marefa baik berbentuk artikel ataupun buku elektronik yang dilanggan oleh Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu subjek Sosial dan Studi Islam. Pelatihan ini akan dilakukan berkala setiap 2-3 bulan sekali untuk meningkatkan kemampuan pencarian sumber informasi.

Dengan adanya pelantikan dan pelatihan ini, diharapkan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat meningkatkan kualitas layanan serta memperkuat peran sebagai pusat informasi dan pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini juga diharapkan akan memotivasi mahasiswa lain untuk turut berkontribusi dalam memajukan literasi di lingkungan kampus.

Penulis: Angga Ramdani & Ralintya Hasna Rafifah

 

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable