Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Perpustakaan UIN SGD Bandung Seleksi dan Rekrut Library Agent Angkatan Pertama

Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan perekrutan anggota Library Agent angkatan pertama. Library Agent merupakan komunitas yang terdiri dari mahasiswa-mahasiwa pilihan yang ingin mengembangkan diri dan terlibat langsung pada proses penyelenggaraan perpustakaan dengan semangat perubahan untuk kemajuan perguruan tinggi. Program yang telah direncanakan pada tahun-tahun sebelumnya ini merupakan upaya dari Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan lebih dekat dengan pemustaka dari unsur mahasiswa. Selain itu sebagai bagian dari program kerja, perekrutan Library Agent ini dimaksudkan juga sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi aktif mahasiswa sebagai bagian sivitas akademika di lingkungan UIN SGD Bandung.

Rabu, 08 Mei 2024, Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan orientasi pengenalan sekaligus penandatanganan kontrak bagi anggota terpilih Library Agent angkatan pertama. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di aula perpustakaan lantai 1. Orientasi pengenalan dihadiri oleh Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yakni Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP., dan Sekretaris Pusat Perpustakaan Bapak Dedi Suyandi, S.Ag., M.E., beserta para Koordinator Bidang di Pusat Perpustakaan dan para staff/pustakawan. Dalam penyampaian laporannya, Penanggung Jawab program Library Agent angkatan pertama, Ibu Novella Astri, S.IIP. menyampaikan bahwa kegiatan orientasi dan pengenalan perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa yang telah lolos seleksi tahap akhir, dimana pada waktu sebelumnya telah dilaksanakan serangkaian seleksi yang dimulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, dan wawancara. Dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 100 orang pendaftar di tahap pertama, kemudian terseleksi 40 orang ke tahap wawancara, dan terpilih 20 kandidat Library Agent.

Dalam kegitan ini, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman., S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP. dalam sambutannya mengatakan “Library Agent telah digagas serta diagendakan sejak lama dan baru terealisasikan saat ini. Gagasan ini hadir karena perpustakaan memerlukan tenaga kerja lebih agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada civitas akademika. Diharapkan perpustakaan menjadi tempat ternyaman mahasiswa baik dari segi fasilitas maupun pelayanan sehingga meningkatkan kunjungan dan minat baca.” Kemudian disampaikan juga pemaparan dan pengenalan bidang-bidang yang ada di perpustakaan secara langsung oleh para Koordinator Bidang di perpustakaan yaitu Ibu Sopia Respiawati, S.Sos., M.Ag. sebagai Koordinator Bidang Layanan Teknis, Ibu L. Nailah Hanum Hanany, S.Sos., M.AP., sebagai Koordinator Bidang Layanan Pemustaka, dan Bapak Nur Lukman, S.T., M.Kom., sebagai Koordinator Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kemudian kegiatan berlanjut dengan penandatangan kontrak untuk masing-masing Library Agent terpilih yang diteruskan dengan pengenalan langsung perpustakaan melalui kegiatan tour perpustakaan.

                                         

 

Library Agent diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan pengetahuan terkait informasi dan layanan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung kepada sivitas akademika. Selain itu, Library Agent angkatan pertama menjadi langkah awal kontribusi mahasiswa untuk dapat turut serta meningkatkan kualitas perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable