Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Pisah Sambut Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bandung, Kamis 05 Oktober 2023 Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan acara pisah sambut Kepala Perpustakaan sekaligus serah terima jabatan dari Kepala Pusat Perpustakaan Periode 2019 - 2023 bapak Dr. H. Opik Taupik Kurahman kepada Kepala Pusat Perpustakaan baru periode menjabat 2023-2027 Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CIPP. Bertempat di aula lantai 1 gedung Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung kegitan ini di hadiri oleh seluruh pustakawan dan staff perpustakaan. Hadir pula Sekretaris Pusat Perpustakaan yang baru Bapak Dedi Suyandi, S.Ag., M.E yang menggantikan Sekretaris Perpustakaan yang lama Bapak Drs. Anas Salahudin, M.Pd.

Dalam perpisahannya, Kepala Pusat Perpustakaan Periode 2019-2023 Bapak Dr. H. Opik Taupik Kurahman mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pustakawan dan staff Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung karena telah bekerjasama dan sama sama bekerja, terutama dalam mempertahankan peringkat akreditasi perpustakaan dengan nilai A dan angka atau nilai yang meningkat dari akreditasi sebelumnya. Selanjutnya banyak sekali inovasi inovasi yang dikembangkan baik dalam layanan perpustakaan ataupun dari segi manajemen perpustakaan. Dalam ungkapannya beliau sebagai pimpinan tidak bisa berbuat banyak mengenai dunia perpustakaan jika tidak digerakkan oleh para pustakawan dan staff perpustakaan yang merupakan motor sebenarnya dari Pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Permintaan maafpun disampaikan jikalau ataupun pasti ada banyak kesalahan yang dilakukan sebagai pimpinan selama masa periode 2019-2023. Harapannya banyak sekali program yang belum selesai dikembangkan dan dapat dilanjutkan oleh kepemimpinan yang baru ini demi kebaikan dan kemajuan kualitas Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kemudian dalam sambutannya Kepala Pusat Perpustakaan tahun menjabat 2023-2023, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CIPP menyambut baik dengan penuh semangat penyerahan dan peralihan kepemimpinan ini. Kepala Perpustakaan menyebutkan bahwa pergantian kepemimpinan merupakan suatu Sunnatullah, sesuatu yang lumrah dan di sunnahkan dalam ajaran Islam. Kepemimpinan baru bukan lah memulai sesuatu yang baru lagi dari nol akan tetapi melanjutkan tongkat estapet kepemimpinan dengan sejalan, tidak perlu merubah segalanya dari awal, kembangkan yang sudah baik menjadi lebih baik dan perbaiki yang kurang baik menjadi lebih baik. Senada dengan pimpinan yang sebelumnya kepemimpinan Kepala Perpustakaan akan berjalan dengan baik, lancar dan berhasil jika di support oleh seluruh pustakawan dan staff perpustakaan. Dalam manajemen pekerjaan perlu terpeliharanya hubungan dengan kualitas seimbang antara pekerjaan yang berorientasi tugas dan relationship.


 

Dalam kesempatan ini pula disampaikan kesan dan pesan dari perwakilan pustakawan dan staff perpustakaan yaitu oleh Koordinator Bidang Layanan Teknis, Ibu Sopia Respiawati, S.Sos., M.Ag. dan Koordinator Bidang Layanan Pemustaka Bapak Yoyo, S.H.I. selanjutnya dilakukan perkenalan satu persatu para pustakawan dan staff perpustakaan dengan kepemimpinan yang baru, mulai dari para koordinator bidang dan koordinator urusan, staff, tata usaha, tenaga keamanan serta tenaga kebersihan. Selanjutnya sebagai penutup dari kegiatan ini dilakukan penyerahan cinderamata sebagai simbol rasa terima kasih dari pihak Pusat Perpustakaan kepada Kepala Pusat Perpustakaan periode 2019-2023 yang diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan menjabat 2023-2027 dan di akhiri dengan foto bersama dengan seluruh staff yang ada di Pusat Perpustakaan. Tentunya dengan kepemimpinan baru ini diharapkan mampu menjadikan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi lebih baik lagi, kembali mempertahankan peringkat akreditasi perpustakaan dengan nilai maksimal dan lebih mengembangkan lagi layanan layanan serta fasilitas sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan guna mendukung Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mampu menjadi jantung atau pusat peradaban di universitas yang mumpuni dan bersaing di kelas internasional.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable