Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Perpustakaan UIN SGD Bandung Gelar Pertemuan Persiapan Integrasi dengan Perpustakaan Unit

Jum'at, 16 Februari 2024 Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan pertemuan dengan seluruh pengelola perpustakaan unit yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mulai dari fakultas hingga pasca sarjana. Diikuti oleh seluruh pustakawan dan staff perpustakaan dan mengundang seluruh pengelola perpustakaan unit yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pertemuan ini diadakan sebagai bentuk persiapan pelaksanaan integrasi sistem otomasi perpustakaan antara perpustakaan pusat dengan perpustakaan unit. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman., S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP didampingi oleh Sekretaris Pusat Perpustakaan, Bapak Dedi Suyandi, S.Ag., M.E..

Hadir pula dalam kegiatan ini Koordinator Bidang Teknologi dan Informasi Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Nur Lukman, S.T., M.Kom yang ditugaskan sebagai ketua panitia kegiatan integrasi perpustakaan di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati ini. Pertemuan ini bukan pertama kali dilakukan dalam rangka persiapan kegiatan integrasi perpustakaan, akan tetapi merupakan kegiatan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan oleh pihak rektorat khususnya Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Bapak Dr. Dadan Rusmana, M.Ag. pada bulan sebelumnya. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan penyamaan dan pelarasan persepsi bagi perpustakaan pusat dengan perpustakaan unit terkait kegiatan integrasi perpustakaan sekaligus tukar menukar pendapat, saran dan masukan untuk berjalannya kegiatan ini. Dalam kegiatan ini dilakukan pula pendataan secara detail mengenai data data serta kondisi real yang ada di perpustakaan unit sebagai dasar penentuan langkah awal kegiatan integrasi perpustakaan, seperti data jumlah pengelola perpustakaan, sarana dan prasarana, anggaran, jumlah koleksi, pelayanan perpustakaan sampai ke sistem/aplikasi perpustakaan yang digunakan. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya kegiatan ini mendapatkan respon dan juga support yang positif dari pihak rektorat atau pimpinan, terkhusus Rektor dan para Wakil Rektor serta Kepala Biro yang yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini telah dikonsep dan direncanakan pada jauh sebelumnya untuk memastikan dan memberikan persiapan yang cukup sebelum tahap pelaksanaan.

 

 

Kegiatan integrasi perpustakaan di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini akan mengintegrasikan sistem otomasi atau aplikasi pengelolaan perpustakaan antara perpustakaan pusat dengan perpustakaan unit, sehingga nantinya sistem akan saling terkoneksi dan akan dihasilkan sebuah wadah atau aplikasi yang dapat menghimpun data data koleksi berserta dengan detail keberadaannya dilingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam bentuk sebuah Katalog Terpadu atau Union Katalog. Tidak hanya data koleksi, data data seperti data statistik keanggotaan, pelayanan perpustakaan, pengelolaan tugas akhir mahasiswa sampai bebas pustaka juga dapat diintegrasikan kedepannya. Akan tetapi beragamnya kondisi yang ada di perpustakaan unit yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengharuskan kegiatan ini dilakukan atau diimplementasikan secara bertahap, karena ada perpustakaan yang sudah terkelola sesuai dengan standar nasional dan ada pula yang belum terkelola sesuai dengan standar. Oleh karena itu Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga perlu melakukan pendampingan dan pelatihan pelatihan kepada perpustakaan unit yang ada.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan integrasi ini kedepannya dapat meningkatkan kualitas perpustakaan secara keseluruhan bukan hanya pada perpustakaan pusat saja, akan tetapi pada perpustakaan unit juga dalam hal pengembangan, pengorganisasian dan pelestarian koleksi, pelayanan perpustakaan, pengembangan dan pelatihan SDM/ketenagaan perpustakaan, pengelolaan dan penyelenggaraan serta pengembangan inovasi perpustakaan, serta penggiatan kegiatan literasi dan peningkatan minat baca khususnya di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, untuk kemudian dapat dikembangkan ke masyarakat yang lebih luas lagi secara umumnya. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan pra rakor perpustakaan tahun 2024 dan akan ditindaklanjuti persiapannya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pusat Perpustakaan Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 19 s/d 24 Februari 2024 mendatang.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable