Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

UIN Bandung tidak Membubarkan Kegiatan Seminar

Rumor yang berkembang menyebutkan bahwa UIN Bandung membubarkan secara paksa sebuah kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan Ilmu-Ilmu Islam di Pusat Perpustakaan. Bersama ini disampaikan beberapa hal berikut ini. Pertama, UIN Bandung tidak berkapasitas membubarkan kegiatan seminar tersebut, karena bukan kegiatan internal lembaga. Kegiatan tersebut adalah  kegiatan elemen masyarakat yang mengajukan permohonan peminjaman tempat untuk kegiatan di UIN Bandung, tepatnya di Pusat Perpustakaan, yang kemudian mendapatkan penolakan dari beberapa orang anggota sebuah LSM. Kedua, pihak UIN Bandung hanya menganjurkan kepada semua pihak yang pro dan kontra pada kegiatan seminar tersebut untuk mencari solusi, sehingga hak akademik masyarakat manapun dihormati dan pihak yang kontra diperhatikan aspirasinya. Ketiga, pihak UIN Bandung menganjurkan agar ketidaksetujuan kepada sebuah kegiatan akademik agar dijawab dengan kegiatan akademik lagi. Keempat, UIN Bandung meminta agar semua orang mengedepankan sikap baik sangka (husnuzhzhan) dan mengembangkan sikap toleran di masyarakat.

Dengan dimuatnya berita ini, UIN Bandung, menyatakan sekali lagi bahwa tidak ada pembubaran kegiatan seminar. UIN Bandung memegang teguh prinsip bahwa setiap kegiatan akademik apapun dapat dilaksanakan di dalam kampus, selama tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Mayoritas Responden Akan Menerima Hasil Pemilu

Bersadarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh Literacy Research Devision (LRD), mayoritas responden akan menerima hasil pemilu pilpres dan pileg yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Pengambilan data dilakukan dalam bentuk polling online dengan 240 voter. Hasilnya, sebesar 64% responden menyebut akan menerima hasil pemilu, dan hanya 16% responden yang menyatakan tidak menerima. Adapun sebesar 20% responden menyatakan tidak tahu.

Hasil survei Literacy Research Devision tersebut dapat digunakan untuk memotret bahwa KPU sebagai penyelenggara pemilu di Indonesia dipercaya oleh publik dan hasil keputusannya akan didukung oleh mayoritas rakyat . Dalam hal ini penyelenggaraan pemilu oleh KPU akan memiliki legitimasi kuat dan hasilnya dianggap sah oleh rakyat Indonesia.

Polling menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, nirpencuplikan penelitian lebih kurang 3,9 persen. Meski demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi.

Perpustakaan UIN Bandung Mengembangkan Teknologi Polling

Perpustakaan UIN Bandung tidak sekadar tempat menyediakan buku, jurnal, dan majalah bagi para pemustaka. Lebih dari itu, Perpustakaan UIN Bandung mengembangkan beberapa layanan teknologi informasi. Salah satunya adalah teknologi polling online. Teknologi ini beralamat pada laman: http://lib.uinsgd.ac.id/polling

Dengan mengusung laman tersebut, Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi pelopor perpustakaan-perpustakaan di Indonesia untuk menyediakan sumber informasi real time. Informasi yang dibutuhkan tidak hanya dapat ditemukan di buku, jurnal, dan majalah yang tersedia di perpustakaan, melainkan dapat didapat dari data-data yang terkumpul melalui polling online.

Teknologi polling ini menampilkan hasil yang langsung diketahui secara real time oleh para penggunanya. Siapapun yang terlibat dalam suatu polling, ia langsung dapat mengetahui polling yang sedang berlangsung, sehingga informasi yang tampil bukan hasil rekayasa pengelola.

Rakernas APPTIS, Seminar, dan Workshop

Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam menyelenggarakan rapat kerja, seminar nasional, dan workshop. Kegiatan ini mengabil tema: Empowering Libraries for Research Quality. Tema ini diambil terkait dengan keinginan mendorong perpustakaan tidak lagi sekadar tempat tersimpannya buku berserakan, melainkan sebagai tempat inovasi banyak hal yang menyangkut pembangunan pengetahuan. Nara sumber akan diisi dari pembicara luar dan dalam negeri. Adapun venue untuk kegiatan ini dilaksanakan di ruang seminar lantai IV Pusat Perpustakaan UIN Bandung. Informasi dan perihal pendafataran kepesertaan dan lain-lain dapat mengakses laman: http://lib.uinsgd.ac.id/apptis.

Kolom

Yang Terhormat para Calon Kepala Daerah!

Ketegangan psiokologis politik masyarakat Indonesia sedang kumat saat ini, seiring dengan perhelatan Pilkada serentak 2018 yang tinggal menghitung hari. Ketegangan psikologis ini semakin bertambah, karena dalam beberapa bulan ke depan, kurang lebih dua bulanan lagi, akan muncul nama-nama calon Presiden yang semakin membuat cenat-cenut kepala masyarakat Indonesia.

Selengkapnya...

Gedung Pusat Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Jl. AH Nasution No. 105 Bandung
Jawa Barat, Indonesia
Telp. (022) 6370 0715

email: lib@uinsgd.ac.id

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable