Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Perpustakaan UIN Malang & IAIN Ponorogo Lakukan Studi ke Bandung

Bandung, 07-09 Juni 2023 Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerima kunjungan dari dua Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yaitu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Kedua perpustakaan perguruan tinggi yang sama sama berasal provinsi Jawa Timur ini melakukan kunjungan ke Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan maksud dan tujuan yang sedikit berbeda. Kunjungan dua perpustakaan ini disambut baik oleh pihak Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung karena walaupun dikunjungi, Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga dapat mempelajari dan saling belajar mengenai pengembangan perpustakaan khususnya dalam dua kegiatan ini. 

 

Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan pada hari Rabu, tanggal 07 Juni 2023 yang dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan Bapak Mufid, S.Ag., SS., M.Hum beserta dengan hampir seluruh staff dan jajarannya berjumlah 15 orang. Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua kalinya bagi Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang setelah sebelumnya pada tahun 2019. Kunjungan kali ini pihak Perpustakaan UIN Maulana Ibrahim Malang difokuskan pada studi tentang pengembangan dan pengelolaan koleksi perpustakaan, dimana ada ketertarikan untuk mempelajari dan mendalami salah satu kebijakan internal di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung nomor 949/Un.05/Pr.2/HK.00.5/08/2021 tentang Wakaf Buku Perpustakaan, serta mengenai pengelolaan layanan-layanan digital perpustakaan dalam menunjang aspek webometrik, sebagaimana diketahui UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi Perguruan Tinggi dengan peringkat 1 dalam dua tahun terakhir berturut turut dalam lingkup antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Kunjungan diawali dengan penerimaan pihak UIN Malang di ruang auditorium lantai 1 gedung Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang disambut langsung oleh kepala Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. H. Opik Taupik Kurahman didampingi oleh sekretaris perpustakaan Bapak Drs. Anas Salahudin, M.Pd. Acara kemudian dilanjutkan dengan menampilkan video profile masing masing perpustakaan yang dilanjut dengan sharing session dan library tour.

Sehari berikutnya pada hari Kamis tanggal 08 Juni 2023, Perpustakaan IAIN Ponorogo melakukan kunjungan dengan dipimpin oleh Bapak Alwan Wibawanto, S.Th.I., M.E. sebagai kepala Perpustakaan IAIN Ponogoro beserta dengan 4 orang staffnya. Maksud dan tujuan dari kunjungannya adalah melakukan studi mengenai manajemen pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban dalam rangka persiapan peralihan dan peningkatan status perguruan tinggi dari Institut menjadi Universitas (IAIN ke UIN).  Seperti halnya kunjungan dari Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kunjungan dari pihak Perpustakaan IAIN Ponorogo juga dilakukan sambutan, sharing session dan library tour.

Kedua kunjungan studi ini menghasilkan dokumen kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi dalam bentuk nota kesepahaman antara Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Perpustakaan IAIN Ponorogo. Kerjasama ini difokuskan dalam bidang pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia dan resource sharing dan diharapkan dapat ditindaklanjuti kedalam bentuk kegiatan kegiatan yang bertujuan untuk memajukan serta meningkatkan kualitas perpustakaan khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

 

 

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable