Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Pusat Perpustakaan UIN SGD Bandung Gelar Kegiatan Rapat Koordinasi Tahun 2024

Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Tahun 2024 dengan tema "Bersinergi Menuju Perpustakaan Unggul" selama 3 hari, Senin s/d Rabu, 19 - 21 Februari 2024 di Hotel Harmoni, Cipanas, Garut Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan setiap awal tahun ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan dalam pelaksanaan, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan selama setahun kedepan. Tujuan utama kegiatan ini adalah merumuskan kegiatan kegiatan yang akan dlaksanakan dan dituangkan terlebih dahulu dalam program kerja perpustakaan. Kegiatan ini dihadiri dan dilaksanakan oleh seluruh pegawai yang ada di lingkungan Pusat Perpustakaan mulai dari Kepala dan Sekretaris Perpustakaan, Koordinator Bidang dan Urusan, Pustakawan, Tenaga Teknis/Staff Perpustakaan.


Pada Hari pertama jalannya Rapat Koordinasi (19-02-2024), lantunan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dilantukan oleh Bapak Achmad Supardi, Pustakawan Penyelia Pusat Perpustakaan menjadi pembuka jalanna kegiatan rapat koordinasi ini, dilanjutkan dengan partisipasi seluruh anggota kegiatan rapat dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sambutan serta laporan penyelenggaraan dari Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP menjadi pengantar dalam kegiatan ini. Kegiatan Rapat Koordinasi Tahun 2024 ini dihadiri dan dibuka langsung secara resmi oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. Selain membuka jalannya acara, kehadiran orang nomor satu di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga sekaligus memberikan sambutan dan arahan mengenai arah kebijakan dan pengembangan perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ke depannya. Dalam arahannya perpustakaan harus terus berinovasi dalam layanan dan jenis koleksi yang diberikan, terutama dalam keunikan serta menyediakan sarana dan prasana yang mumpuni dan modern yang dapat menarik minat kunjung para sivitas akademika, koneksi internet tentunya harus cepat dan stabil, kemudian harus banyak spot/ruang yang kekinian dan juga instagramable. Lebih lanjut Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga menyampaikan bentuk support yang akan terus diberikan kepada perpustakaan mulai dari peremajaan gedung perpustakaan sampai di prioritaskan untuk pembangunan lift pengunjung, sehingga nantinya untuk mengakses gedung perpustakaan yang terdiri dari 4 lantai ini tidak lagi kelelahan melalui tangga, dan ini diharapkan mampu meningkatkan minat kunjung ke perpustakaan dan pengoptimalan lantai lantai atas di perpustakaan untuk layanan kepada seluruh civitas akademika. Dalam paparannya Rektor UIN Sunan Gunung Djati juga menyampaikan rasa terima kasih sebesar besarnya kepada para pustakawan dan pengelola perpustakaan yang sudah puluhan tahun mengabdi dan mengelola koleksi koleksi yang ada di perpustakaan untuk dilayanankan kepada seluruh sivitas akademika, beliau memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar besarnya kepada para pengelola perpustakaan yang tidak pernah bosan terus bekerja dan berkinerja demi memajukan perpustakaan. Hal ini dibuktikan dengan diundangnya dua orang kepala perpustakaan periode terdahulu yang telah memasuki masa purnabakti yaitu, Drs. A. Badrun Rifai dan Dr. Atang Abdul Hakim, M.Ag yang pernah menjabat pada periode 1993-2001 dan 2007-2011. 

 

Kegiatan berlanjut ke hari kedua pelaksanaan (20-02-2024), mengusung tema "Bersinergi Menuju Perpustakaan Unggul", kegiatan ini menghadirkan ibu Dr. Riche Cyntia Johan, M.Si yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai narasumber utama sesi seminar manajemen perpustakaan perguruan tinggi secara profesional. Sebagai praktisi dalam pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi yang telah banyak berprestasi di dunia perpustakaan, pemateri menyampaikan beberapa tips dan pengetahuan dalam pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi secara profesional mulai dari proses perencanaan, manajemen koleksi, manajemen sumber daya dan anggaran perpustakaan. Penentuan visi misi akan sangat mempengaruhi program kerja dan kegiatan apa saja yang akan diselenggarakan perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati, seperti hal nya dalam visi menjadi smart library yang unggul dan kompetitif di Asia Tenggara, tentunya visi ini akan diturunkan menjadi misi misi tertentu yang harus disupport oleh fasilitas mumpuni, berteknologi terkini, sumber daya manusia yang kompeten dan anggaran yang tidak sedikit untuk menjadi sebuah perpustakaan yang smart di level Asia Tenggara. Dalam sesi ini dibahas pula tentang keunikan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menurut narasumber ketika membuka website perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ada tagline atau sebuah quote yang unik dan menunjukan ciri khas kedaerahan dari perpustakaan UIN Bandung ini yaitu "Miindung ka Waktu, Mibapa Ka Jaman". Sebuah ungkapan yang bermakna dalam, mengingat kalimat sederhana ini erat kaitannya dengan keberlangsungan dan  eksistensi perpustakaan di era informasi dan digital ini. "Miindung ka Waktu, Mibapa ka Jaman" ini memiliki makna historis bahwa perpustakaan akan terus menghimpun informasi atau pengetahuan dari waktu ke waktu, sejak dahulu sampai sekarang akan tetapi tetap menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman khususnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tanpa kehilangan jati diri atau akar budaya yang merupakan ciri khas. Ciri khas itu sendiri berupa keilmuan keislaman sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keislaman yang ada di Indonesia dan Kedaerahan Sunda sebagai Perguruan Tinggi yang ada pada wilayah Tatar Sunda Jawa Barat.  Selanjutnya pada kegiatan ini juga ada sesi interaktif antara peserta dan narasumber membahas seputar pengelolaan atau manajemen perpustakaan perguruan tinggi secara profesional.

 

Hari ketiga pelaksanaan rapat kerja (21-02-2024), diisi dengan kegiatan diskusi/rapat kerja internal yang diikuti seluruh pegawai Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada sesi ini bertindak sebagai narasumber Kepala Pusat Perpustakaan, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP dan para koordinator bidang yang ada di Pusat Perpustakaan. Terlebih dahulu Kepala Pusat Perpustakaan menyampaikan rancangan program kerja Pusat Perpustakaan untuk tahun 2024 yang kemudian dilanjutkan dengan paparan program kerja atau kegiatan per masing masing bidang yang disampaikan oleh masing masing koordinator yaitu ibu Sopia Respiawati, S.Sos., M.Ag. selaku Koordinator Bidang Layanan Teknis, Bapak Yoyo, S.H.I selaku Koordinator Bidang Layanan Pemustaka dan Bapak Nur Lukman, S.T., M.Kom selaku Koordinator Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

Dengan berjalannya kegiatan Rapat Koordinasi ini diharapkan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat meningkatkan kualitas kerja dan kinerja nyata dalam pengelolaan serta penyelenggaraan kegiatan kegiatan perpustakaan terkhusus tahun 2024 ini karena telah dimulai dengan proses persiapan dan perencanaan yang begitu baik dengan terlaksanakannya rapat koordinasi ini. Dukungan atau support yang diberikan dari pimpinan tinggi universitas menjadi penyemangat bagi para pegawai perpustakaan yang terdiri dari pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan untuk terus berkarya dalam bidang kepustakaan terutama dalam menjalankan peran sebagai jantung Perguruan Tinggi sebagai unit pengelola informasi dan pengetahuan guna mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. 

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable