Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Perpustakaan UIN SGD Bandung Selenggarakan Kegiatan Workshop Turnitin

Rabu, 07 Februari 2024, Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan literasi berupa pelatihan bertema anti plagiarisme yaitu kegiatan “Workshop Turnitin”. Kegiatan ini diadakan secara daring (online) dan terselenggara atas kerjasama Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Turnitin Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan bapak Muhammad David Lung, Senior Customer Onboarding Consultant Turnitin Indonesia sebagai narasumber utama dengan tema kegiatan “Plagiarisme, Plagiarism vs Text Similarity, Feedback Studio & User Roles”. Dengan mengundang perwakilan dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah mempunyai akun instruktur pada aplikasi Feedback Studio dari Turnitin.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CIPP yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka secara resmi jalannya acara ini. Disampaikan dalam materi workshop ini mengenai pemanfaatan serta tatacara penggunaan aplikasi Feedback Studio ini dalam rangka atau upaya mencegah dan mengurangi praktik plagiarisme di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pemateri utama menyampaikan beberapa gambaran umum yang sering terjadi di negara kita Indonesia ini, dalam penggunaan atau pemanfaatannya cenderung terfokus pada tampilan angka yang muncul sebagai hasil pengecekan tingkat similaritas sebuah karya tulis. Hasil ini juga yang sering dijadikan sebagai judgement terhadap sebuah karya tulis apakah tingkat plagiarismenya tinggi atau tidak. Padahal dalam praktiknya sebuah karya tulis tidak boleh ada tindak plagiat atau plagiarisme sedikitpun, walaupun itu hanya 1%. Dijelakan pula dalam pemaparan materi bahwa tampilan skor/ angka yang muncul dari hasil pengecekan text similarity ini harus ditindaklanjuti atau diinterpretasikan lebih lanjut oleh pengecek, dalam hal ini di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagian besar diemban oleh dosen pembimbing mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam administrasi pengelolaan jurnal ilmiah.

Dari hasil tindaklanjut inilah kita dapat menentukan sebuah karya tulis terindikasi tindak plagiarisme atau tidaknya. Saat ditindaklanjuti atau diinterpretasikan lebih lanjut, haruslah diperhatikan kaidah kaidah penulisan ilmiah terutama dalam sitasi, pengambilan sebagian atau seluruh karya/gagasan milik diri sendiri atau orang lain yang telah diterbitkan dengan menyebutkan sumbernya. Maka dari itu kegiatan tindaklanjut atau interpretasi dari hasil pengecekan similarity ini haruslah memegang prinsip atau etika penulisan ilmiah yang baik dan benar dimana hasilnya “kita tidak perlu mendapatkan similarity score 0%, skor kemiripan tinggi belum tentu ada plagiat, dan skor kemiripan rendah belum tentu bebas plagiat atau pelanggaran” (Lung, 2023). Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam kegiatan literasi yang diadakan oleh Pusat Perpustakaan dan pertama di tahun 2024. Dengan harapan memberikan pengetahuan lebih lanjut mengenai plagiarisme khususnya di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan InsyaAllah akan diteruskan dengan kegiatan kegiatan literasi lainnya guna meningkatkan kualitas layanan serta akademik yang lebih baik lagi dan terus berkembang kedepannya.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable