Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Visitasi Akreditasi Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021

Hari sabtu tanggal 25 September 2021 telah terlaksana kegiatan visitasi re-akreditasi Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai lembaga akreditasi perpustakaan seluruh Indonesia. Dalam masa pandemi dan masih diterapkannya PPKM, acara visitasi re-akreditasi ini dilakukan secara virtual meeting.

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Bapak Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si sebagai rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung didampingi oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag dan juga Kepala Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Dr. H. Ija Suntana, M.Ag. Acara dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh saudara Ahmad Kamil Taufik, S. Kom. Dalam pembukaan acara visitasi akreditasi ini Rektor UIN SGD Bandung menjelaskan Pentingnya perpustakaan bukan hanya sebagai sebuah jantungnya universitas yang merupakan suatu keniscayaan, akan tetapi perpustakaan memiliki suatu landasan teologis dalam Kitab Suci Al Qur’an, oleh karena itu Qori tadi membacakan Al Qur’an Surat yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT yaitu Surat Al Alaq yang ayat pertamanya adalah “Iqro” artinya “Bacalah!” dimana dalam ilmu alaq disebut Fi’il Amr yang menunjukan “wajib”. Kalau membaca wajib maka keberadaan perpustakaan hukumnya wajib harus ada, maka dari itu perpustakaan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung selalu kami berikan prioritas”.

Kegiatan visitasi ini diasesori langsung oleh Bapak Drs. Supriyanto, M.Si sebagai direktur Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didampingi oleh Bapak Tisyo Hariono, MLS dan Bapak Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib sebagai asesor serta Bapak Drs. Asta Budi Raharjo sebagai asesor pendamping. Dalam kesempatan ini Kepala Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bapak Dr. Opik Taupik Kurahman berkesempatan mempresentasi kondisi Pusat Perpustakaan secara garis besar yang kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profile Pusat Perpustakaan dan pembacaan Do’a oleh Bapak Drs. H. A. Bachrun Rifa’i, M.Ag.

Kegiatan berlanjut dengan library tour dimana kegiatan ini merupakan kegiatan peninjauan kondisi fisik gedung pusat perpustakaan termasuk sarana prasarana dan layanan layanan yang ada di perpustakaan UIN SGD Bandung. Kegiatan ini dipandu langsung oleh para pustakawan UIN SGD Bandung yaitu Ibu Novella Astri, S.IIP untuk menjelaskan kondisi lantai 1, Bapak Drs. Robi’in untuk menjelaskan kondisi lantai 2 dan Ibu Iis Nia Kurniawati, S.Ag untuk menjelaskan kondisi lantai 3 serta Bapak Yoyo, S.HI untuk menjelaskan kondisi lantai 4 gedung pusat perpustakaan.

 

Setelah Library Tour kegiatan berlanjut kepada acara inti yaitu verifikasi instrumen akreditasi oleh pihak asesor dari Perpustakaan Nasional RI yang mana kegiatan ini dibagi menjadi 3 room virtual meeting untuk memfokuskan kegiatan. Ruangan pertama untuk verifikasi komponen koleksi dan komponen sarana prasarana yang di asesori oleh Bapak Tisyo Haryono, MLS. Kemudian ruangan ke 2 untuk verifikasi komponen layanan perpustakaan dan komponen ketenagaan yang di asesori oleh Bapak Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib dan ruang ke 3 yang terakhir untuk verifikasi komponen pengelolaan dan penyelenggaraan serta komponen penguat yang di asesori oleh Bapak Drs. Supriyanto, M.Si.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian hasil penilaian dari para asesor untuk setiap komponen akreditasi dan juga pemaparan masukan beserta saran saran dari para asesor untuk pihak perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ilmu dan masukan yang diberikan para asesor sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan Pusat Perpustakaan UIN SGD Bandung kedepannya. Dengan berakhirnya kegiatan visitasi re-akreditasi ini, Pusat Perpustakaan UIN SGD Bandung menunggu hasil penilaian resmi dari pihak Perpustakaan Nasional RI dengan harapan mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal untuk semua pihak di lingkungan UIN SGD Bandung.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable