Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Pelaksanaan Library User Education Tahun Akademik 2023/2024

Library User Education tahun akademik 2023/2024 telah dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 11 s/d 22 September 2023 oleh Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di aula lantai 4 gedung Pusat Perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan Library User Education hari pertama dibuka langsung oleh pimpinan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. Bertempat di Aula Lantai 4 Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pusat Perpustakaan Bapak Dr. H. Opik Taupik Kurahman beserta Sekretaris Perpustakaan Bapak Drs. Anas Salahudin, M.Pd., berserta para jajaran koordinator bidang di perpustakaan dan para pustakawan.

Para peserta yang datang adalah para peserta yang sebelumnya telah mendaftarkan diri pada website pendaftaran yang terdiri dari berbagai jurusan yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memiliki waktu luang yang tidak bersamaan dengan waktu atau jadwal perkuliahan. Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi penyampaian materi yaitu pengenalan layanan layanan fisik yang ada di Perpustakaan yang disampaikan oleh narasumber pertama yang mencakup pengenalan gedung perpustakaan, tata tertib, kunjungan dan loker elektronik, layanan baca ditempat, layanan sirkulasi, layanan referensi, koleksi perpustakaan, peminjaman pengembalian dan perpanjangan koleksi, MPS, Bookdrop serta fasilitas lainnya seperti aula, ruang meeting, ruang multimedia dan pojok baca di Perpustakaan. Penyampaian materi  diselingi dengan pemutaran video video tutorial atau demonstrasi mengenasi apa yang dijelaskan pemateri. Selanjutnya pada sesi yang kedua dijelaskan oleh narasumber berikutnya mengenai layanan digital di Perpustakaan yang mencakup website resmi perpustakaan, layanan katalog online (OPAC), layanan repositori, layanan E-Library, dan layanan E-Resources. Pada sesi ini narasumber dan peserta mempraktekan langsung apa yang sedang dijelaskan karena sifat layanan digital yang online dan dapat diakses melalui gadget para peserta masing masing.

Dalam kegiatan juga dilakukan sesi pertanyaan atau tanya-jawab dimana peserta dapat langsung bertanya seputar materi yang disajikan atau seputar perpustakaan lainnya kepada para narasumber. Selanjutnya Peserta Library User Education yang telah bertanya atau aktif menjawab pertanyaan dari narasumber mendapatkan reward berupa merchandise sebagai apresiasi keaktifan dalam kegiatan dari Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable