Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Mayoritas Responden Akan Menerima Hasil Pemilu

Bersadarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh Literacy Research Devision (LRD), mayoritas responden akan menerima hasil pemilu pilpres dan pileg yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Pengambilan data dilakukan dalam bentuk polling online dengan 240 voter. Hasilnya, sebesar 64% responden menyebut akan menerima hasil pemilu, dan hanya 16% responden yang menyatakan tidak menerima. Adapun sebesar 20% responden menyatakan tidak tahu.

Hasil survei Literacy Research Devision tersebut dapat digunakan untuk memotret bahwa KPU sebagai penyelenggara pemilu di Indonesia dipercaya oleh publik dan hasil keputusannya akan didukung oleh mayoritas rakyat . Dalam hal ini penyelenggaraan pemilu oleh KPU akan memiliki legitimasi kuat dan hasilnya dianggap sah oleh rakyat Indonesia.

Polling menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, nirpencuplikan penelitian lebih kurang 3,9 persen. Meski demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi.

Kolom

Yang Terhormat para Calon Kepala Daerah!

Ketegangan psiokologis politik masyarakat Indonesia sedang kumat saat ini, seiring dengan perhelatan Pilkada serentak 2018 yang tinggal menghitung hari. Ketegangan psikologis ini semakin bertambah, karena dalam beberapa bulan ke depan, kurang lebih dua bulanan lagi, akan muncul nama-nama calon Presiden yang semakin membuat cenat-cenut kepala masyarakat Indonesia.

Selengkapnya...

Gedung Pusat Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Jl. AH Nasution No. 105 Bandung
Jawa Barat, Indonesia
Telp. (022) 6370 0715

email: lib@uinsgd.ac.id

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable