Miindung ka Waktu,
Mibapa ka Zaman

Memerpanjang Pinjaman Buku dari Rumah

Pusat Perpustakaan UIN Bandung mengembangkan teknologi layanan yang sangat canggih bagi para pemustaka, yaitu layanan perpanjangan pinjaman secara online (dalam jaringan). Para pemustaka yang memiliki buku pinjaman yang akan segera jatuh tempo dapat memerpanjang masa pinjaman melalui smartphone atau fasilitas internet lainnya. Pengembangan piranti teknologi perpustakaan ini merupakan komitmen Pusat Perpustakaan UIN Bandung untuk memberikan kemudahan bagi para pemustaka.

Caranya, para pemustaka cukup masuk ke salah satu website milik Pusat Perpustakaan UIN Bandung, yaitu laman http://opac.uinsgd.ac.id Di laman tersebut tersedia menu  login. Melalui menu login, para pemustaka dapat memasukkan Nomor Induk Mahasiswa atau nomor anggota yang tertera dalam barcode. Setelah dimasukkan nomor keanggotaan, dilanjutkan dengan mengklik menu login memasukkan pasword wifi masing-masing pemustaka berupa nama masing-masing pemilik nomor. Aplikasi akan menampilkan riwayat peminjaman, yang memuat perihal data buku apa yang dipinjam, kapan mengembalikan, dan data-data lain yang terkait pinjaman. Di data riwayat peminjaman akan muncul menu "Perpanjang" berwarna biru. Bagi yang akan memerpanjang, cukup hanya mengklik menu "Perpanjang" dan secara otomatis pinjaman buku yang bersangkutan telah diperpanjang untuk satu kali masa pinjaman.

Bahan pustaka yang dapat diperpanjang melalui menu "Perpanjang" otomatis adalah bahan pustaka yang akan jatuh tempo H-2. Menu "Perpanjang" berwarna biru baru akan muncul di H-2 jatuh tempo, sebelum itu tidak akan muncul.

Pengembangan aplikasi teknologi ini bagian dari jati diri Pusat Perpustakaan UIN Bandung sebagai smart library

Kolom

Syariah Islam dan Keragaman Manusia

 

Mengingat kejadian 4 tahun ke belakang, dunia internasional pernah geger gara-gara Brunei Darussalam, negeri kecil berpenduduk kurang dari lima ratus ribu jiwa, menjadikan syariah Islam sebagai hukum nasionalnya. Beberapa lembaga internasional, termasuk PBB, “kegerahan” terhadap pilihan Brunei Darussalam tersebut. Para aktivis HAM dan beberapa selebriti dunia menyuarakan protes terhadap pilihan negara kaya minyak dan gas tersebut atas syariah Islam.

Selengkapnya...

Gedung Pusat Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Jl. AH Nasution No. 105 Bandung
Jawa Barat, Indonesia
Telp. (022) 6370 0715

email: lib@uinsgd.ac.id

BCMath lib not installed. RSA encryption unavailable